Rabu, 26 Maret 2014

Lidah yang Panjang dan Lengket pada Bunglon dan Landak Semut


        Bunglon merupakan hewan yang gerakannya lambat. Makanan bunglon berupa serangga kecil, seperti belalang, capung dan jangkrik. Serangga-serangga tersebut bergerak amat cepat.
        Bunglon dapat mengubah warna kulit tubuhnya menyamai sekelilingnya sehingga sukar sekali untuk dikenali. Selain itu, tiap matanya dapat melihat pada arah yang berbeda. Jika salah satu mata melihat seekor serangga, bunglon mengendap-endap menuju mangsanya. Dengan menggunakan matanya, bunglon mengukur jarak mangsanya. Jika mangsa mungkin dapat dicapinya, bunglon akan melontarkan lidahnya yang lengket. Lidah yang panjangnya hampir sepanjang tubuhnya itu akan menarik serangga tersebut ke dalam mulutnya.

  

              Landak semut juga memiliki lidah yang panjang dan lengket. Makanan landak semut berupa serangga kecil, seperti semut atau rayap. Dengan cakar besar pada jari-jari kakinya, landak semut dapat mudah menggali sarang semut atau rayap. Kemudian, landak semut menggunakan lidahnya yang panjang dan lengket untuk menjilat semut dan rayap didalam gundukan tanah tersebut. Panjang lidah landak dapat mencapai 60 cm.

4 komentar:

Unknown mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

Selain hewan apa lagi

Unknown mengatakan...

Selain hewan itu, hewan apa lagi

Unknown mengatakan...

Selain hewan apa lagi

Posting Komentar